1. Keynote Speaker Geoff Walsham (Emeritus Prof Judge Business School Univ of Cambridge, UK, Pakar Information System, Salah satu pionir Qualitative research) : E-Government belum tentu menjadikan ‘BETTER WORLD’, ada banyak complex factor yg mempengaruhi, teknologi hanyalah salah satu komponen saja.

2. Geoff Walsham berkata : NO DEVELOPING AND DEVELOPED COUNTRIES, BECAUSE ALL COUNTRIES ARE STILL DEVELOPING

3. Sebagai salah satu ilmuwan besar, Geoff Walsham sangatlah sederhana dilihat dari pakaiannya saat memberikan keynote speaker.Saya berkesempatan berdiskusi dengan beliau mengenai Actor Network Theory (ANT) yang saya gunakan untuk PhD Thesis saya, termasuk menunjukkan poster saya dan beliau sangat friendly, sopan dan approachable

4. Prof Sir Nigel Shadbolt (Univ of Southampton) berbicara tentang pentingnya Open Data Government seperti seluruh data publik di publish sehingga publik bisa mengaksesnya, seperti : data kesehatan, data bus stop, data kriminal, dll.

5. Saya sempat bertanya saat ngobrol ringan (tapi topik obrolannya berat) ke Prof. Donald F. Norris (Pakar local government Univ of Maryland, USA): Apakah E-Government benar-benar bisa meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan ? Beliau menjawab : NON SENSE, banyak implementasi e-government gagal

Saya bertanya lagi, apakah E-Participation bisa meningkatkan partisipasi masyarakat ?

Beliau menjawab : NO, karena masyarakat dan government tidak ingin ada partisipasi

Saya bertanya lagi: apakah itu juga terjadi di USA ?

Beliau menjawab : YES

Setelah itu, beliau memberikan kartu namanya ke saya

6. Dalam sesi registration/pre-conference ada acara BBQ, Sang Conference Chair (yang merupakan supervisor saya), membawa berbagai

perlengkapan seperti mangkuk, sendok, termasuk Juice, strawberry, dll lalu membuat sendiri minuman tradisional orang Inggris

semacam es buah (dibantu para mahasiswa PhD-nya, termasuk saya), lalu menuangkan sendiri es buah itu ke dalam gelas dan

memberikannya ke peserta satu persatu yang berasal dari berbagai negara. WOW

7. Conclusion ECEG 2015 : a) Setiap negara menghadapi tantangannya masing-masing dlm implementasi E-Government, b) Ada

kesamaan dan perbedaan tantangan yg dihadapi oleh banyak negara dlm implementasi e-goverment, c) E-Government sebagai

sebuah bidang keilmuan sudah mulai mature, d) Ada perluasan boundary of government role, e) Ada complex factor yang

mempengaruhi implementasi E-Government, f) Implementasi E-Government tidak sekedar technological factor

Portsmouth, 20 Juni 2015

